Kamis, 24 Juni 2021

PGP Angkatan 2 Kabupaten Malang_Idha Lukita Sanjaya_Modul 1.1_Aksi Nyata

 AKSI NYATA 1.1

Regulasi Kurikulum pada Kegiatan Pembelajaran

A. Latar Belakang

Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang sebelum jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya untuk menuntun kodrat anak dari sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasukipendidikan lebih lanjut.

perkembangan pengetahuan dan teknologi mempengaruhi perkembangan dalam pola pikir pendidikan, sebagaiman pemikiran Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa budaya itu akan terus mengalami perubahan sesuai kodrat zaman dan kodrat alam. Pendidikan di Taman Kanak - Kanak Muslimat NU 2 juga sudah seharusnya mengikuti perkembangan pengetahuan dan kebudayaan masyarakat dengan menyajikan pendidikan yang lebih "ngemong" menuntun peserta didik untuk menemukan kodrat yang ada dalam dirinya dengan memberi rangsangan pendidikan yang merdeka tanpa harus merampas hak anak untuk bahagia sehingga dapat melahirkan generasi-genarasi baru yang dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

B. Diskripsi Aksi Nyata

Sebagai bentuk perwujudan latar belakang diatas maka saya melakukan regulasi kurikulum yang ada di lembaga. Regulasi kurikulum di titik beratkan kepada kegiatan pembelajaran dan cara penyajianya dengan menuntun anak untuk menemukan kodrat yang ada di dalam dirinya sehingga anak merasa merdeka dalam mengekplor kemampuanya dengan menyesuaikan kodrat zaman kekinian dan kodrat alam yang ada di lingkungan kami. Regulasi ini tentu tidak dapat terwujud tanpa berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, sehingga sesegera mungkin saya menyampaiakan gagasan tersebut kepada kepala sekolah dan sangat di sambut baik gagasan tersebut sehingga kepala sekolah memfasilitasi saya untuk berkolaborasi dengan teman sejawat dan menyampaikan gagasan tersebut untuk merubah secara keseluruhan Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan pembelajaran Mingguan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dengan menyajikan kegiatan pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa dan kegiatan pembelajaran yang dapat mengekspolasi kemampuan siswa sesuai kodrat yang dimilikinnya dengan menyesuaikan dengan kodrat zaman globalisasi dan mengeksplor lingkungan yang ada di sekitar kami serta menanamkan profil pelajar pancasila sebagai cover siswa TK Muslimat NU 2

C. Hasil Aksi Nyata

setelah menyampaikan gagasan tersebut teman-teman sejawat menyambut dengan antusias dan bekerjasama untuk mewujudkan regulasi kurikulum, adapun hasil yang dicapai sebagai berikut :

1.  Penyamaan Visi Misi Pendidik sebagai "penuntun" bagi peserta didik

2. Peserta didik di berikan kebebasan dalam bereksplorasi untuk menemukan kodrat yang ada pada dirinya sesuai kodrat alam dan kodrat zaman

3. Penanaman Profil Pelajar Pancasila sebagai Cover siswa-siswi TK Muslimat NU 2

4. Tercapainya regulasi kurikulum dengan mengubah PROTA, PROMES, RPPM dan RPPH  dengan penyajian kegiatan pembelajaran yang yang mengaplikasikan poin 1,2,dan 3 .

D. Pembelajaran Yang Didapat Dari Pelaksanaan

Pembelajaran yang saya dapatkandalam program ini adalah adanya kesamaan Visi dan Misi dari rekan sejawat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik. adapun kendala yang kami alami untuk mewujudkan program ini adalah :

1. Sulitnya memilih Tema dan Sub Tema yang sesuai dengan kodrat alam/lingkungan kami dan kodrat zaman

2. Sulitnya menemukan macam-macam kegiatan pembelajaran yang akan di sajikan sebagai bentuk pengaplikasian Student center dalam menemukan kodratnya dan perwujudan profil pelajar pancasila

Selanjutnya kekuatan yang menjadikan keberhasilan pada aksi nyata ini adalaah :

1. Adanya dukungan penuh dari kepala sekolah dalam melaksanakan program aksi nyata

2. Kekompakan dan saling memberikan motivasi dari teman sejawat untuk mengaplikasikan regulasi Kurukulum yang menitik beratkan kepada kegiatan pembelajaran dan cara menyajikanya, sehingga kendala-kendaya yang kami alami dapat di lalui bersama.

E. Rencana Perbaikan Dimasa Mendatang

setelah melaksanakan program aksi nyata pada modul 1.1, saya mencoba merefleksi diri dan merefleksi kegiatan pembelajaran yang harus saya lakukan dimasa mendatang, hal ini penting saya lakukan untuk meminimalisir kegagalan dan hambatan serta meningkatkan kekuatan agar bisa tercapai keberhasilan sesuai dengan tujuan. acapun permbaikan yang saya lakukan dimasa mendatang yaitu :

1. Selalu mengupdate informasi terbaru

2. Mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pendidik

3. selalu berkolaborasi dengan kepala sekolah, teman sejawat, dan lingkungan sekitar

F. Dokumentasi Proses dan Hasil Pelaksanaan

Dokumentasi proses dan hasil pelaksanaan dapat di akses melalui link https://youtu.be/Y5mTpLmr_So

Tidak ada komentar: